PEMANDANGAN ALAM DAN OBJEK WISATA KOTAWARINGIN TIMUR

WISATA DI KOTAWARINGIN TIMUR


Kabupaten Kotawaringin Timur adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Tengah. Ibu kota kabupaten ini terletak di Sampit. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 16.496 km² dan berpenduduk kurang lebih sebanyak 373.842 jiwa pada tahun 2010.

Wisata Budaya dan keindahan alam merupakan unggulan yang dapat ditampilkan oleh Pemerintah Daerah untuk dikunjungi para wisatawan asing maupun domestik.

Beberapa objek wisata di Kotawaringin Timur, diantaranya :

1. Pantai Ujung Pandaran
Pantai Ujung Pandaran
Pantai yang terkenal dengan hamparan pasir putih dan kekayaan biota lautnya ini membentang puluhan kilometer dari Kabupaten Kotawaringin Timur hingga perbatasan Kabupaten Seruyan. Pantai Ujung Pandaran termasuk jenis pantai yang landai, seperti pantai-pantai yang menghadap Laut Jawa pada umumnya.

Selain menikmati keindahan pemandangan alamnya, di Pantai Ujung Pandaran ini pengunjung juga dapat menyaksikan ritual adat Simah Laut yang dipraktekkan oleh masyarakat nelayan setempat secara turun temurun. Simah Laut adalah ritual tolak bala yang dilakukan oleh para nelayan Ujung Pandaran sebelum memulai pelayaran ke laut untuk mencari ikan. Ritual tahunan ini dilakukan setiap tanggal 10 bulan Syawal, atau sepuluh hari setelah Hari Raya Idulfitri. Sebelum acara ini dilaksanakan, biasanya masyarakat setempat bergotong-royong membersihkan pantai terlebih dahulu. Setelah pantai dirasa cukup bersih, ritual Simah Laut baru diselenggarakan dengan cara melarungkan berbagai macam sesaji ke tengah laut. Oleh masyarakat setempat, ritual ini dipercaya dapat mendatangkan keselamatan dan memberikan limpahan rezeki selama melaut.

2. Taman Kota Sampit
Taman Kota Sampit
Taman Kota ini dijadikan sebagai tempat berkumpul keluarga oleh masyarakat setempat atau bagi para pendatang. Ada yang pernah bilang, ”Belum lengkap kalau datang ke kota Sampit tanpa mampir di Taman Kota”. Selain itu, Taman Kota sering dijadikan ssebagai tempat jogging, refreshing, jalan-jalan, nongkrong dll serta sering dijadikan sebagai tempat untuk menggelar acara-acara besar seperti pawai, kampanye partai, pertunjukan-pertunjukan, jalan sehat dan konser musik. Terdapat banyak warung serta pedagang-pedagang di sekitar taman ini, berbagai jualan seperti pakaian, mainan anak, buah dan lain sebagainya. Selain itu di Taman Kota Sampit juga terdapat arena bermain untuk anak-anak seperti tempat mandi bola dan kereta badut.